Andriani, Dwi Putri (2020) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Terhadap Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Dan Strategi Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining Di Kelas X MA Al Washliyah T.P 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI DWI PUTRI ANDRIANI (REVISI FIX) .pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar matematika siswa salah satunya ditentukan oleh kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dibentuk dengan baik melalui penerapan strategi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dan Student Fasilitator and Explaining pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linier satu variabel. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MA Al Washliyah Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu multistage random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dri dua kelas yaitu X-I berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen I (kelas Active Knowledge Sharing) dan siswa kelas X-II berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen II (kelas Student Fasilitator and Explaining). Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari soal tes kemampuan komunikasi matematis berupa tes awal dan tes akhir. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan uji-t pada taraf signifikan 0,05 didapat hasil -thitung lebih kecil dibandingkan -ttabel (-2,132 < -2,0018), sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan: terdapat perbedaan secara siginifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dan strategi pembelajaran Student Fasilitator and Explaining pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linier satu variabel di kelas X MA Al Washliyah Tahun Pelajaran 2020/2021.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 09 Feb 2021 02:27 |
Last Modified: | 09 Feb 2021 02:27 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10763 |
Actions (login required)
View Item |