Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Whisper Game Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs Al-Azhar Bi'ibadillah Tahalak Ujung Gading Kec. Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan

Khairani, Mutiah (2020) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Whisper Game Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs Al-Azhar Bi'ibadillah Tahalak Ujung Gading Kec. Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUTIAH KHAIRANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran whisper game pada mata pelajaran Fikih. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Azhar Bi‟ibadillah Tahalak Ujung Gading sebanayak 27 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta tes. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini diawali dengan melaksanakan pre tes, kemudian dilanjutkan dengan siklus I dan siklus II. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode whisper game yang dimulai dari tindakan pre-tes, siklus I, dan siklus II, pada pre-tes tingkat keaktifan belajar siswa masih rendah, yaitu sebesar 18,5% dengan 5 siswa yang aktif dan 22 siswa tidak aktif, pada siklus I mulai mengalami peningkatan sebesar 44,4% dengan 12 siswa yang aktif dan 15 siswa tidak aktif, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 81,5% dengan 22 siswa yang aktif dan 5 siswa yang tidak aktif. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran whisper game dapat meningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih kelas VIII di MTs Al-Azhar Bi‟ibadillah Tahalak Ujung Gading Kec. Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:48
Last Modified: 08 Feb 2021 03:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10754

Actions (login required)

View Item View Item