Pengembangan Media Big Book Terhadap Kemampuan Memprediksi Bacaan Cerita Di SD Muhammadiyah 28 Medan

Sinaga, Maya Rani (2020) Pengembangan Media Big Book Terhadap Kemampuan Memprediksi Bacaan Cerita Di SD Muhammadiyah 28 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL MAYA RANI SINAGA 0306162123-dikonversi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah proses atau cara menjadikan seseorang belajar. Keberhasilan sebuah proses pembelajaran dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya penggunaan media.Kehadiran media pembelajaran dapat membantu guru untuk menyampaikan materi ajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media Big Book terhadap kemampuan memprediksi bacaan cerita di kelas III SD Muhammadiyah 28 Medan pada tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D).Sampel yang digunakan adalah berjumlah 24 orang peserta didik. Instrumen penelitian berupa angket yaitu angket, instrumen tes, lembar pengamatan peserta didik dan lembar observasi penggunaan produk oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji Shapiro-Wilk, uji Wilcoxon, dan uji hipotesis Mann-Whtiney dengan menggunakan taraf signifikansi ∝= 0,05 Temuan penelitian ini membuktikan bahwa: 1) Pengembangan media big book memperoleh skor 96% berada dalam kategori sangat valid berdasarkan tabel kriteria kevalidan produk oleh ahli isi/materi dan mendapatkan skor 76% berada dalam kategori valid oleh ahli media pembelajaran. 2) Produk memperoleh skor sangat praktis yaitu 92,6 oleh peserta didik dan skor sangat praktis yaitu 87,5%. Skor tersebut disesuaikan dengan tabel kriteria kepraktisan produk. 3) Efektivitas produk dianalisis dengan uji wilcoxon dan diperoleh hasil bahwa Asym Sig < taraf signifikan yaitu 0,000120 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan hasil sebelum dan sesudah penggunaan produk, terjadi peningkatan nilai rata-rata peserta didik dari 77,54 menjadi 84,33. Sebagai hasil akhir dilakukan uji hipotesis Mann-Whitney dan diperoleh hasil signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,002<0,05 sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan maka H0 ditolak dan Ha diterima

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 04 Feb 2021 14:37
Last Modified: 04 Feb 2021 14:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item