Implementasi Metode Pembelajaran Tahsin Al-QUran Siswa MTS Al-Munawaarah Binjai Keluarahan Nangka Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara

Habibi, Rozaq (2020) Implementasi Metode Pembelajaran Tahsin Al-QUran Siswa MTS Al-Munawaarah Binjai Keluarahan Nangka Kecamatan Binjai Utara Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS ROZAQ HABIBI-pdf.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi metode pembelajaran tahsin Alquran siswa MTs. Al-Munawwaroh Binjai, Kelurahan nangka Kecamatan Binjai Utara, 2) Untuk mengetahui hambatanhambatan dalam implementasi metode pembelajaran tahsin Alquran siswa MTs. Al-Munawwaroh Binjai, Kelurahan nangka Kecamatan Binjai Utara, 3) Untuk mengetahui solusi yang dilakukan dalam mengatasi masalah implementasi metode pembelajaran tahsin Alquran siswa MTs. Al-Munawwaroh Binjai, Kelurahan nangka Kecamatan Binjai Utara. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi kasus, yaitu meneliti suatu kasus atau fenomena tertentu yang ada dalam masyarakat yang dilaksanakan secara mendalam untuk dapat mengetahui latar belakang, keadaan, dan interaksi yang terjadi. Hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi metode pembelajaran tahsin Alquran siswa MTs. Al-Munawwaroh Binjai, Kelurahan nangka Kecamatan Binjai Utara yaitu Implementasi metode pembelajaran tahsin yang digunakan bervariasi, namun dalam implementasi ini diterapkan khusus dengan metode iqra. Metode iqra adalah cara cepat membaca alquran melalui beberapa jilid, mulai jilid satu sampai dengan jilid enam. Cara ini lebih efektif dalam mengantarkan anak untuk bias cepat membaca Alquran dengan baik, 2) Hambatan-hambatan dalam implementasi metode pembelajaran tahsin Alquran siswa MTs. Al-Munawwaroh Binjai, Kelurahan nangka Kecamatan Binjai Utara adalah tidak terdapat didalam metode iqro pengenalan istilah tajwid, melainkan hanya cara membacanya saja, selain itu juga ada dua faktor, yakni Pertama, faktor Internal (faktor yang berasal dari dalam) seperti kurangnya kesadaran diri peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tahsin Alquran secara sugguh-sungguh. Kemudian masih banyaknya peserta didik yang kemampuan bacaan Alqurannya masih terbata-bata. Kedua, faktor Eksternal (faktor yang berasal dari luar) seperti peran guru tahsin dalam memberikan pengajaran terhadap peserta didik, peran serta orang tua dalam membimbing dan mengawasi anaknya, juga pengaruh lingkungan sekitar yang dapat memberikan pengaruh positif atau bahkan negatif bagi peserta didik. 3) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi masalah implementasi metode pembelajaran tahsin Alquran siswa MTs. Al-Munawwaroh Binjai, Kelurahan nangka Kecamatan Binjai Utara yakni membagi program tahsin kepada tiga kelompok, pertama kelompok membaca metode iqro, kedua kelompok pemula, dan ketiga kelompok lanjutan. Selain itu ada tiga faktor penting yang dapat menjadi solusi dalam implementasi metode pembelajaran tahsin Alquran. Yakni pertama Faktor Lingkungan Sekitar, kedua Sarana belajar, dan ketiga cara belajar.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Feb 2021 15:09
Last Modified: 03 Feb 2021 15:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10717

Actions (login required)

View Item View Item