Analisis Penyajian Bahasa Arab Dalam Buku Yang Di Terbitkan Kementerian Agama Tahun 2014 Untuk Madrasah Ibtidaiyyah Kelas 1

As-Sya’i, Ahmad Rasyid (2019) Analisis Penyajian Bahasa Arab Dalam Buku Yang Di Terbitkan Kementerian Agama Tahun 2014 Untuk Madrasah Ibtidaiyyah Kelas 1. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PDF SKRIPSI ASLI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui materi yang ada di dalam buku teks bahasa arab pegangan siswa yang diterbitkan kementrian agama tahun 2014 dan bagaimana penyajian yang ada pada buku ini apakah sudah baik atau belum menurut kriteria buku ajar yang baik. Objek dalam penelitian ini adalah Buku Teks Bahasa Arab yang di Terbitkan Kementrian Agama Tahun 2014 Untuk Tingkat Madrasah Ibtidaiyyah Kelas 1, dengan cara menelaah, menganalisis yang kemudian menilai buku dari segi materi dan penyajiannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan beberapa teknik diantaranya adalah : studi pustaka atau pengamatan terhadap buku yang sedang diteliti baik bersifat primer maupun sekunder. Dari hasil analisis yang telah dilakukan peneliti dapat diambil kesimpulan bahwa materi pada buku ini sudah baik dan sesuai dengan kriteria buku ajar yang baik dan standar isi yang ditetapkan oleh pemerintah, buku ini cukup menarik karena dilengkapai dengan ilustrasi atau gambar-gambar yang berkaitan dengan masing-masing tema dalam bab nya. Dari setiap sub bahasannya telah memenuhi empat komponen pembelajaran bahasa arab pada umumnya yakni: Menyimak ( Maharah Istima’), Berbicara (Maharah kalam), Membaca (Maharah qira’ah), dan Menulis (Maharah Kitabah). Meski buku ini tidak diragukan lagi dan sudah digunakan sebagai buku acuan wajib, namun ada berapa yang harus dibenahi di dalam buku ini. Yaitu tidak adanya penyajian atau materi yang berkaitan dengan pengenalan peserta didik tentang Huruf Hijaiyyah, yang mana untuk tingkat Madrasah Ibtidiyyah khususnya Kelas 1 seogianya itu harus di perkenalkan yang mana Huruf Hijaiyyah, Baris atau Harakatnya. karena pelajaran bahasa arab ini berkaitan erat dengan Huruf hijaiyyah. Kemudian, Kosakata atau Mufradat nya tidak tercantumkan ma’na berbahasa indonesia, yang mana didalam buku tersebut gambar bekenaan kosa kata itu sudah di cantumkan dengan gambarnya saja, peneliti berpendapat alangkah bagusnya kosa kata dengan ma’nanya berbahasa indonesia beserta gambarnya. Supaya peserta didik dapat lebih kuat lagi pemahaman mereka tentang Bahasa Arab.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Feb 2021 15:02
Last Modified: 03 Feb 2021 15:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10716

Actions (login required)

View Item View Item