Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Binjai Kecamatan Binjai Timur

Siregar, Mohd. Najmi Adlani (2020) Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Self Control Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Binjai Kecamatan Binjai Timur. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
FILE TESIS MOHD. NAJMI ADLANI SIREGAR-1.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan self control siswa di SMA Negeri 4 Binjai. Untuk menjawab permasalahan penelitian, peneliti mendiskripsikan Bagaimana strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan self control siswa, dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dilaksanakannya strategi pembelajaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan self control siswa di SMA Negeri 4 Binjai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian case study supaya permasalahan dalam penelitian ini dapat dibahas secara terperinci. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik penjamin keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas data, uji dependabilitas, dan konfirmabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan self control siswa di SMA Negeri 4 Binjai sangat konsen terhadap peningkatan self control siswa. Hal ini terlihat dari: Pertama, strategi yang digunakan di SMA Negeri 4 Binjai adalah strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran kooperatif. Selain itu, sekolah mempunyai beberapa strategi dalam meningkatkan self control siswa yaitu pendekatan secara Individual kepada peserta didik, pembiasaan melakukan hal-hal yang positif, pengorganisasisan program yang bagus dan pembentukan tanggung jawab bersama. iii Setelah materi disampaikan di dalam kelas Sebagai tindak lanjut yang dilakukan guru Agama Pendidikan Islam yaitu siswa dikuatkan dengan pembiasanpembiasaan perilaku yang baik. Tentu tujuannya adalah bagaimana siswa dapat mengontrol prilakunya kearah yang positif yang ketika melakukannya tanpa melalui proses berfikir, langsung mengerjakan karena sudah menjadi kebiasaan. Dan berdasarkan penelitian yang dilakukan ternyata cukup berhasil di dalam meningkatkan Self Control peseta didik di SMA Negeri 4 Binjai meskipun masih terdapat peserta didik yang belum sesuai harapan namun jumlahnya sedikit. Karena itu Guru Pendidikan Agama Islam hendaknya bekerja keras dalam mengupayakan mendidik agar lebih baik lagi hasilnya sesuai keinginan yang diharapkan. Kedua, Dalam menerapkan Self Control bahwa terdapat beberapa faktor pendukung. Seperti kepala sekolah, guru dan siswa memberikan dukungan yang baik dan mendukung segala jenis program yang di adakan. Faktor penghambat bahwa sarana prasarana yang kurang memadai untuk pembelajaran mengingat banyaknya peserta didik yang butuh tempat belajar yang kondusif. Disisi lain pembelajaran keterbatasan waktu menjadi penghambat mengingat sedikitnya jam pembelajaran PAI yang hanya bisa untuk penyampaian materi yang dituntut oleh kurikulum (silabus) sehingga peningkatan dalam melaksanakan self control tidak dapat berlangsung dengan baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Feb 2021 04:46
Last Modified: 03 Feb 2021 04:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10713

Actions (login required)

View Item View Item