Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Rendah Di SMPN 3 Lembah Melintang

Haryati, Ika (2019) Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Rendah Di SMPN 3 Lembah Melintang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IKA HARYATI BKI .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar siswa yang masih kurang merupakan penyebab kurangnya semangat dan motivasi dalam belajar. Guru bimbingan dan konseling sangat berperan penting dalam membantu dan mengarahkan siswa seuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh siswa. Dalam penelitian ini bertujuan untnuk mengetahui cara guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan motivasi belara siswa di SMPN 3 Lembah Melintang. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, subyek dalam penelitian adalah guru bimbingan dan konseling dan siswa kelas VIII SMPN 3 Lembah Melintang. Obyeknya adalah kegiatan guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, kemudian dianalisis dan dideskripsikan dalam bentuk tulisan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa berprestasi rendah yaitu dengan memberikan layanan bimbingan konseling yakni layanan bimbingan kelompok, layanan informasi dan layanan orientasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Feb 2021 15:36
Last Modified: 02 Feb 2021 15:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10706

Actions (login required)

View Item View Item