Ashri, Aan Aulia Al (2020) Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Terhadap Hasil Belajar IPS di kelas V SDN 112312 Simpang Empat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI AAN oke.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1.) Hasil Belajar IPS Siswa dengan menggunakan Model Konvensional di SDN 112312 Simpang Empat, 2.) Hasil Belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran SAVI di kelas V SDN 112312 Simpang Empat, 3.) Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di kelas V SDN 112312 Simpang Empat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental desain (non equivalent control group design) dengan kegiatan pretest dan postest yang dilakukan di SDN 112312 Simpang Empat. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 23 siswa, dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SDN 112312 Simpang Empat, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI adalah 85,43 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 74,17. Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig.(2.tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05)
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 01 Feb 2021 16:11 |
Last Modified: | 01 Feb 2021 16:11 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10691 |
Actions (login required)
View Item |