Ritonga, Melisa Aidillah (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournamnet (TGT) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia MIN 3 Pernantian Labuhan Batu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI MELISA AIDILLAH RITONGA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Model pembelajaran Team Games Toournamnet (TGT) ini bertujuan untuk memungkinkan siswa mengikuti proses belajar mengajar dengan sangat rileks serta menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap setiap individu dan kelompoknya, adanya kerja sama, persaingan yang sehat dalam permaian tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) sebelum dan setelah melakukan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian Quasi Eksferiment. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh kelas V MIN 3 Pernantian Labuhan Batu Selatan. Penelitian ini mengambil sampel dari populasi yang ada melalui teknik Total Sampling. Dengan menggunakan teknik tersebut, maka diperoleh kelas VA sebagai kelas kontrol (menggunakan pembelajaran konvensional) dan kelas VB sebagai kelas eksperimen (menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament). Perolehan data diambil melalui tes pilihan ganda. Data dianalis menggunakan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (VB) dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) diperoleh nilai rata-rata postest yaitu 83 sedangkan pada kelas kontrol (VA) dengan model pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata yaitu 71.5 Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa thitung>ttabel yaitu 33.198 >1.725 pada taraf signifikasi 0.05. Hal ini menyatakan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V MIN 3 Pernantian Labuhan Batu Selatan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, diharapkan penelitian ini bisa menjadi bahan referensi dan juga menjadi bahan koreksi bagi penyempurnaan penyusunan penelitian selanjutnya.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 31 Jan 2021 16:07 |
Last Modified: | 31 Jan 2021 16:07 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10671 |
Actions (login required)
View Item |