Rangkuti, Meliani Putri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas XI MAS Madinatussalam Sei Rotan Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Skripsi Meliani Putri Rangkuti.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas XI Mas Madinatussalam Sei Rotan Percut Sei tuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis quasi eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Mas Madinatussalam Sei Rotan Percut Sei tuan tahun ajaran 2020/2021 dan pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematika siswa adalah tes yang berbentuk uraian. Pengujian hipotesis yang dilakukan menggunakan uji test “t”. Hasil temuan menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diperoleh rata – rata pretest sebesar 18,357 dan rata – rata posttest sebesar 77,071. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata – rata pretest sebesar 14,357 dan rata – rata posttest sebesar 51,857. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung sebesar 5,299 dan ttabel2,056. sehingga thitung> ttabel yaitu 5,299 > 2,056 Kesimpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan penalaran matematika siswa lebih baik ketika diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 04:58 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 04:58 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10658 |
Actions (login required)
View Item |