Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Terpuji Di Kelas VII A SMP Negeri 1 Desa Aek Raru Kec Simangambat Kab Padang Lawas Utara

Harahap, Eka Suryani (2019) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Terpuji Di Kelas VII A SMP Negeri 1 Desa Aek Raru Kec Simangambat Kab Padang Lawas Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi eka perbaikan perpus.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Adapun yang dibahas dalam penelitian ini adalah efektivitas pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 1 Simangambat Desa Aek Raru Kec Simangambat Kab Padang Lawas utara. Adapun tujuan penelitan ini untuk mengungkapkan yaitu: 1. Untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam dalam Pembinaan akhlak siswa di SMP Negeri 1 Simangambat 2. Untuk mengetahui akhlak siswa terhadap gurunya dan menghormati gurunya di SMP Negeri 1 Simangambat. Adapun jenis penelitian kaualitatif yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif fenomenologi. Peneliti melakukan pengamatan dan pengumpulan data secara alami tanpa memanipulasi subjek yang diteliti. Peneliti menggunakan tekhnik pengumpulan data dengan cara Observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan tekhnik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan data berlangsung dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu, berupa seluruh data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti dapat menyimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan agama Islam sudah berjalan dengan baik dapat dilihat dari keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan sebagian besar siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru pendidikan agama Islam. Namun, masih terdapat sebagian kecil siswa yang tidak memahami materi yang diajarkan oleh guru pendidikan agama islam. Menghormati guru siswa di kelas VII A SMP Negeri 1 Simangambat sebagian besar masih banyak siswa tidak menghormati gurunya dan bahkan siswa membantah apa yang dibilang guru. Namun, meskipun demikian masih terdapat siswa sebagian kecil menghormati gurunya dan apa yang dibilang gurunya di patuhi dan langsung melaksanakannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Jan 2021 15:28
Last Modified: 27 Jan 2021 15:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10640

Actions (login required)

View Item View Item