Pengaruh Model Pembelajaran edutainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran SkI Materi Prstasi Khulafaurrasyidin Kelas VII MTs Ikhwanuts Tsalits Kec. STM Hilir Kab.Deli Serdang

Ansyah, Donny Fadhly (2020) Pengaruh Model Pembelajaran edutainment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran SkI Materi Prstasi Khulafaurrasyidin Kelas VII MTs Ikhwanuts Tsalits Kec. STM Hilir Kab.Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DONNY FADHLY ANSYAH.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini merupakan rendahnya motivasi belajar siswa yang menyebabkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran SKI kurang baik, sehingga tujuan dari penelitian in adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Ikhwanuts Tsalits Talun Kenas Kec. STM Hilir Kab. Deli Serdang dalam pembelajaran SKI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan populasi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Ikhwanuts Tsalits Talun Kenas dengan jumlah 60 orang siswa terbagi menjadi dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen (VII-1) dan kelas kontrol (VII-2) yang masing masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah hasil belajar. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yang sudah diuji validitas, reliabilitas, daya beda serta tingkat kesukaran soal. Selanjutnya pengambilan data dilakukan dengan tes sebelum dilakukan perlakuan (pre-tes) untuk mengukur kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan dan post-tes untuk mengukur kemampuan akhir siswa setelah diberi perlakuan yang berbeda. Analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menentukan rata-rata nilai hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas serta pengujian hipotesis dengan taraf signifikan sebesar 95% dan taraf α = 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis ditentukan hasil l hitung < l tabel yaitu 1,983<1,668 dengan demikian hipotesis (Ha) diterima dengan keterangan: 1) terdapat pngaruh model pembelajaran edutainment terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi pembelajaran SKI kelas VII MTs Ikhwanuts Tsalits Talun Kenas, 2) terdapat perbedaan signifikan antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran edutainment dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Edutainment, Hasil Belajar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Jan 2021 06:24
Last Modified: 26 Jan 2021 06:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10615

Actions (login required)

View Item View Item