Upaya Guru BK Mengatasi Anak Berperilaku Agresif Berasal Dari Keluarga Broken Home Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Medan

Rasimah, Rasimah (2020) Upaya Guru BK Mengatasi Anak Berperilaku Agresif Berasal Dari Keluarga Broken Home Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RASIMAH (1) (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bentuk-bentuk perilaku agresif anak yang berasal dari keluarga broken home dan upaya yang dilakukan guru BK untuk mengatasinya di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Medan.Subjek penelitian ini adalah guru BK dan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Medan yang berasal dari keluarga broken home. Alat pengumpul datanya adalah observasi, wawancara dan studi dokumen.Pengolahan datanya menggunakan teknik analisis kualitatif. Adapun bentuk perilaku agresif yang ditemukan oleh peneliti di sekolah Madrasah Tasanawiya Negeri 3 Medan yang berasal dari keluarga broken home adalah bentuk perilaku agresif verbal yang meliputi sindir menyindir, yaitu siswa yang sering berbicara sindir menyindir sesama teman yang sering dilakukan kalau siswa tidak suka kepadanya, berbicara kotor, yaitu siswa yang sering berbicara kotor terkadang terjadi hanya karena hal-hal yang biasa, berbicara kotor sudah hal seperti biasa dilakukan mereka, berkata tidak sopan kepada guru, yaitu murid sering berbicara tidak sopan kepada. Sedangkan bentuk perilaku agresif non verbal adalah berkelahi yaitu siswa sering berkelahi dengan teman satu kelasnya di karenakan hal-hal yang biasa saja tidak sampai berkelahi berlebihan tidak melibatkan orang luar, bolos dari kelas, yaitu siswa sering bolos dari kelas dikarenakan siswa malas belajar terkadang dikarenakan mereka tidak suka dengan mata pelajaran.Upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi perilaku agresif yang dilakukan siswa berasal dari keluarga broken homedi Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Medan, guru bimbingan dan konseling memberikan layanan konseling individu apabila siswa melakukan perilaku agresif, guru bimbingan dan konseling bekerja sama dengan guru-guru yang lainnya untuk mengatasi perilaku agresif siswa, guru bimbingan konseling memberikan layanan kepada murid yang berperilaku agresif, apabila murid tidak bisa lagi dinasehati guru melakukan panggilan orang tua kepada siswa yang berprilaku agresif

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Jan 2021 15:13
Last Modified: 25 Jan 2021 15:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10602

Actions (login required)

View Item View Item