Lubis, Nurmala Sari (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Koopertif Tipe Picture And picture Pada Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air Di Kelas V SD Swasta Kartini Medan T.A 2019/2010. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Nurmala Sari Lubis SKRIPSI-dikonversi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Kartini yang siswanya berjumlah 22 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan Model Kooperatif tipe picture and picture pada pembelajaran IPA , materi siklus air, 2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe picture and picture pada pembelajaran IPA materi siklus air, 3) terjadi atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi siklus air melalui model kooperatif tipe picture and picture. Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan model kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA materi siklus air, (2) hasil belajar siswa setelah menggunakan model kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA materi siklus air, (3) terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi siklus air. Respon siswa selama menggunakan model koopertaif tipe picture and picture pada pelajaran IPA materi siklus air adalah positif, di mana siswa terlibat aktif serta kompak dalam kelompok selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada Pre Test presentase ketuntasan sebesar 13,6% meningkat ke tes siklus I menjadi, 36, 3% dan pada siklus II siswa dapat mencapai nilai KKM dengan presentase 86, 3% dengan demikian, penggunaan model kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA materi siklus air dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 15:04 |
Last Modified: | 25 Jan 2021 15:04 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10601 |
Actions (login required)
View Item |