Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sd Swasta Shafiyyatul ‘Amaliyyah

Harahap, Doni Irwansyah (2019) Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sd Swasta Shafiyyatul ‘Amaliyyah. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Tesis Doni Irwansyah Harahap.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajerial kepala sekolah yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan kepala sekolah terhadap sarana prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan terutama dalam membentuk dan memperbaiki sikap siswa di SD Swasta Shafiyyatul Amaliyyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field Research) dan termasuk kepada jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah dan informan penelitiannya adalah para wakil kepala sekolah, guru-guru, perwakilan orang tua peserta didik dan tokoh masyarakat. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini bahwa manajerial kepala sekolah di SD Shafiyyatul Amaliyyah pada proses perencanaan sarana prasarana dimulai dari perencanaan kebutuhan dan perencanaan pengelolaannya yang bertujuan menjadi pendukung pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan dalam membentuk dan mengembangkan karakter dan sikap siswa. Pengorganisasian sarana prasarana kepala sekolah membuat struktur organisasi yang jelas, pembagian tugas yang jelas dengan adanya job description untuk setiap SDM dan tenaga kependidikan, fungsi dan wewenang serta tanggung jawab yang diberikan yaitu melalui surat keputusan. Pengkoordinasian sarana prasarana kepala sekolah melakukan koordinasi dengan wakil-wakilnya, koordinator, guru BK, guru piket, wali kelas, guru ekstrakurikuler dan bagian maintenance. Pengawasan kepala sekolah melakukan supervisi kepada guru, siswa dan prasarana baik melalui pemantauan secara langsung, kunjungan wajib dan terjadwal, menerima laporan- laporan dan berbagai pemantauan dengan bantuan kamera pengawas untuk melihat sejauh mana pengaruh sarana dan prasarana serta program yang dijalankan dapat membentuk dan memperbaiki sikap siswa.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 25 Jan 2021 08:36
Last Modified: 25 Jan 2021 08:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10600

Actions (login required)

View Item View Item