Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Think Faire Share Pada Mata Pelajaran Ipa Dengan Materi Kalor Dan Perpindahannya Di Kelas V SDN 112256 Sabungan Kecamatan Sungai Kanan

Rambe, Juliana (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Think Faire Share Pada Mata Pelajaran Ipa Dengan Materi Kalor Dan Perpindahannya Di Kelas V SDN 112256 Sabungan Kecamatan Sungai Kanan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI_JULIANA_RAMBE.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada materi kalor dan perpindahannya dengan menggunakan model kooperatif think faire share. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sesuai dengan jenis penelitian, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian berupa siklus. Siklus pada penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, Siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 112256 Sabungan sebanyak 32 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut : satndar KKM mata pelajaran IPA adalah 75, sebelum menggunakan model kooperatif think faire share,dalam pembelajaran IPA pada nilai tes pratindakan diperoleh 6 orang siswa (18,25%) yang tuntas belajar dan 26 orang siswa (66,25%) yang tidak tuntas belajar. Setelah pemberian tindakan pengajaran menggunakan model kooperatif think faire share, pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 34,37% atau 11 orang siswa tuntas secara klasikal dan sebanyak 68,75% atau 21 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan klasikal. Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus I ke siklus II, siklus II memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 89,06% atau terdapat 27 orang siswa tuntas secara klasikal dan sebanyak 18,25% atau 6 orang siswa yang belum mencapai ketuntasan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif think faire share dapat meningkatkan hasil belajar materi kalor dan perpindahannya mata pelajaran IPA pada kelas V SDN 112256 Sabungan Kecamatan Sungai Kanan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 25 Jan 2021 01:56
Last Modified: 25 Jan 2021 01:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10598

Actions (login required)

View Item View Item