Hanum, Nurul Inayah (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Lightening The Learning Climate Materi Sifat Kepahlawanan Dikelas IV SD Negeri 060890 Kecamatan Medan Polonia. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI NURUL INAYAH.pdf Download (968kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Lightening The Learning Climate, dan untuk mengetahui keefektifan siswa dalam kelas selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan II siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi melalui model pembelajaran Lightening The Learning Climate pada mata pelajaran IPS materi Sifat Kepahlawanan. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 060890 Kecamatan Medan Polonia. Dan subjek dari penelitian ini adalah siswa/i kelas IV dengan jumlah orang 14 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mendapatkan nilai rata-rata sebesar 42,14 atau 14 % tingkat keberhasilannya. Setelah diterapkannya model pembelajaran Lightening The Learning Climate pada siklus I hasil pelajaran IPS memiliki nilai rata-rata 62.68 atau 50 % tingkat keberhasilan siswa. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79, 28 atau 92 %. Tingkat keberhasilan pada siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dikatakan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Lightening The Learning Climate.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 24 Jan 2021 15:32 |
Last Modified: | 24 Jan 2021 15:32 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10597 |
Actions (login required)
View Item |