Upaya Guru BK Dalam Mengurangi Prokrastinasi Homework Siswa Kelas VIII Melalui Kunjungan Rumah Di MTs YAPDI Tahun Ajaran 2019/2020

Berutu, Saniah (2020) Upaya Guru BK Dalam Mengurangi Prokrastinasi Homework Siswa Kelas VIII Melalui Kunjungan Rumah Di MTs YAPDI Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BEBAS PERPUSTAKAAN .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MTs Yayasan Pembangun Didikan Islam. Adapun tujuannya adalah 1) Mengetahui tingkat prokrastinasi homework di MTs YAPDI. 2) Mengetahui upaya guru BK mengurangi prokrastinasi homework siswa di MTs YAPDI, 3) Mengetahui factor penghambat guru BK dalam mengurangi prokrastinasi homework siswa di MTs YAPDI. Subjek dari penelitian ini adalah guru BK yang telah melakukan upaya berkaitan dengan mengurangi prokrastinasi homework siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan langsung/observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap upaya guru BK dalam mengurangi prokrastinasi homework siswa kelas VIII melalui kunjungan rumah di MTs YAPDI. Analisis ada menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1) tingkat prokrastinasi homework siswa masih tinggi. Hal ini masih banyak terlihat siswa yang melakukan pekerjaan rumah di dalam kelas. 2) upaya yang dilakuakan guru BK untuk mengurangi prokrastinasi homework melalui kunjungan rumah adalah menumbuhkan motivasi untuk memanfaatkan waktu dengan baik, meningkatkan motivasi belajar dan menambahkan rasa bertanggungjawab atas pekerjaan rumah yang diberikan guru. 3) faktor penghabat guru BK dalam mengurangi prokrastinasi homework adalah siswa tidak bias memeneg waktu, kurang motivasi belajar dari keluarga dank arena juga minimnya waktu yang digunakan dalam pelaksanaan BK karena guru BK hanya bias masuk ketika jam guru mata pelajaran tidak masuk.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Jan 2021 15:02
Last Modified: 24 Jan 2021 15:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10595

Actions (login required)

View Item View Item