Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Medan Tembung Tahun Ajaran Energi Alternatif Dan Penggunaannya Di Kelas IV SD Swasta At-Taufiq 2019/2020

Siregar, Indah Sari (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Medan Tembung Tahun Ajaran Energi Alternatif Dan Penggunaannya Di Kelas IV SD Swasta At-Taufiq 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDAH SARI SIREGAR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini 1. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan tidak menggunakan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) pada mata pelajaran IPA materi energi alternatif dan penggunaannya di kelas IV di SD Swasta At-Taufiq Medan Tembung Tahun Ajaran 2019/2020. 2. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS) pada mata pelajaran IPA materi energi alternatif dan penggunaannya di kelas IV SD Swasta At-Taufiq Medan Tembung Tahun Ajaran 2019/2020. 3. untuk mengetahui hasil pegaruh model pembelajaran Two StayTwo Stray (TS-TS ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi alternatif dan penggunanya kelas IV di SD Swasta At-Taufiq Medan Tembung Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental desain (non equivalent control group design). Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 60 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah dengan nilai ratarata 68,16. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay-Two Stray adalah dengan nilai rata-rata 76,83. Hasil uji “t” diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,648 > 2,009 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima. Hal ini membuktikan model pembelajaran Two Stay-Two Stray memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Swasta At-Taufiq Medan Tembung, dengan nilai rata-rata 76,83 dalam rentang nilai 6,83 dari nilai KKM yang ditetapkan yaitu 70.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Jan 2021 14:55
Last Modified: 24 Jan 2021 14:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10594

Actions (login required)

View Item View Item