Wulandari, Rani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SD Swasta Pesantren Modern Adnan Medan Kecamatan Medan Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI RANI WULANDARI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Mind Mapping di kelas V SD Swasta Pesantren Modern Adnan Medan. 2) Hasil belajar matematika siswa dengan metode konvensional. 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas V SD Swasta Pesantren Modern Adnan Medan. Penelitian ini menggunakan metodelogi quasi eksperiment dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Swasta Pesantren Modern Adnan Medan, dan sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas V-A (kelas eksperiment Mind Mapping) dan V-B (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Mind Mapping (kelas Eksperimen) lebih tinggi dari hasil belajar dengan model konvensional (kelas kontrol). Hasil belajar matematika di kelas kontrol dengan model konvensional diperoleh rata-rata posttest yaitu 76,64 sedangkan di kelas eksperimen dengan model pembelajaran Mind Mapping diperoleh rata-rata posttest 82,36. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada kelas eksperimen diperoleh nilai signifikan 39,722 dengan t tabel 2,069 pada taraf α = 0,05. Dengan ketentuan t hitung > t tabel dan didapat 39,722 > 2,069. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan terdapat pengaruh yang positif serta signifikan dari penggunaan model pembelajaran Mind Mapping pada pembelajaran Matematika siswa di kelas V SD Swasta Pesantren Modern Adnan Medan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 24 Jan 2021 13:59 |
Last Modified: | 24 Jan 2021 13:59 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10588 |
Actions (login required)
View Item |