Analisis Buku Ajar “Taysirul lughatil Arabiyati” Jilid 1 Karya Syarifah Nur Hafziyah Kelas VII SMP-IT Al-Hijrah 2 Deli Serdang

Wantika, Dwi (2018) Analisis Buku Ajar “Taysirul lughatil Arabiyati” Jilid 1 Karya Syarifah Nur Hafziyah Kelas VII SMP-IT Al-Hijrah 2 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
dwi bab 1-5..docx(1).pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buku ajar “Taysirul Lughatil Arabiyyati” jilid I karya syarifah nurhafziyah telah sesuai dengan kriteria buku ajar yang baik bila ditinjau dari materi yang dirangkum, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan buku tersebut. Secara metodologis, penelitin ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif yang menggunakan dokumen sebagai objek kajian, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah analisis isi (content anlysis). Data dan sumber data dalam penelitian ini diambil dari buku tersebut. Selain itu, tinjauan kepustakaan merupakan metode pengumpulan data yang digunakan. Setelah melakukan penelitian tentang materi-materi dibuku tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa buku tersebut: 1) dari aspek Seleksi, pemilihan materi pada buku tersebut telah sesuai dengan tujuan, tingkat kemahiran pembaca/pemula. 2) dari aspek Gradasi, materi disusun secara sistematis, yaitu dengan mendahulukan kaidah-kaidah yang lebih mendasar sehingga akan sangat membantu pemula untuk mengenal ilmu nahwu. 3) Persentasi, materi disampaikan menggunakan bahasa dan metode penyampaian yang mudah dipahami oleh pembaca, khususnya para pemula. Dan adapun kelebihan dari buku ajar tersebut ialah: a) Penggunaan bahasa yang mudah dipahami dan sederhana.b) Pemberian latihan yang menyeluruh.c) Pemberian contoh pembahasan dalam setiap bab.d) Bentuk penjelasan bermacam-macam seperti bentuk tabel dan tulisan berwarna. Kemudian kekurangan buku tersebut ialah : a) Pembahasan tidak mendalam dan terperinci.b) Tidak dilengkapi gambar.c) Hanya sebagai pengantar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.002 Islam dan Buku
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Jan 2021 05:21
Last Modified: 23 Jan 2021 05:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10577

Actions (login required)

View Item View Item