Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIN 3 Deli Serdang T.A 2019/2020

Samosir, Indah Khairina (2020) Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Dengan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIN 3 Deli Serdang T.A 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDAH KHAIRINA SAMOSIR.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah ada hubungan penggunaan media pembelajaran powerpoint dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS yang dilakukan di Kelas IV MIN 3 Deli Serdang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di MIN 3 Deli Serdang, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 42 siswa kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif murni. Teknik pengambilan sampel dalam penilitian ini menggunakan teknik sampel, karena penelitian ini populasinya berjumlah 120 dan lebih dari 100, yaitu mengambil 35 % dari 120 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari 30 butir angket masing masing dari media pembelajaran powerpoint dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan dari penerapan media pembelajaran powerpoint dengan hasil belajar IPS siswa. Terdapat hubungan antara penggunaan media powerpoint dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang dilakukan di MIN 3 Deli Serdang dengan koefisien korelasi sebesar 0,797 dengan kategori kuat. Terdapat hubungan antara penggunaan media powerpoint dengan hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang dilakukan di MIN 3 Deli Serdang dengan koefisen korelasi sebesar 0,797 dengan kategori kuat. Terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara penggunaan media powerpoint dengan hasil belajar siswa di dalam pembelajaran yang dilakukan di MIN 3 Deli Serdang dengan koefisien korelasi 0,797dengan kategori kuat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Jan 2021 04:00
Last Modified: 23 Jan 2021 04:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10574

Actions (login required)

View Item View Item