Peran Guru BK Dalam Mengurangi Kecemasan Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di MAN 1 MEDAN

Pratiwi, Ivo (2020) Peran Guru BK Dalam Mengurangi Kecemasan Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di MAN 1 MEDAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IVO ACC-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang Peran Guru BK Dalam Mengurangi Kecemasan Akademik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang mengalami kecemasan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor penyebab siswa mengalami kecemasan akademik dan untuk mengetahui bagaimana peran guru BK dalam mengurangi kecemasan akademik melalui layanan bimbingan kelompok di MAN 1 Medan. Dengan batasan rumusan masalah yakni apakah dengan layanan bimbingan kelompok kecemasan akademik siswa bisa berkurang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitiannya adalah guru bimbingan dan konseling dan 3 (tiga) siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa peran guru Bimbingan dan Konseling yang sudah dilakukan tersebut dalam mengurangi kecemasan akademik siswa adalah diterapkannya layanan bimbingan kelompok. Kegiatan bimbingan dan konseling yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling berdampak. Hal ini terlihat dari aktifnya mereka mengeluarkan pendapat saat berdiskusi di dalam kelas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru BK, Kecemasan Akademik, Layanan Bimbingan Kelompok
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Jan 2021 05:25
Last Modified: 21 Jan 2021 05:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10560

Actions (login required)

View Item View Item