Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Aktivitas Ekonomi Dan Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Circuit Learning Di Kelas IV SD Muhammadiyah 28 Medan

Hasanah, Sri (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Aktivitas Ekonomi Dan Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Circuit Learning Di Kelas IV SD Muhammadiyah 28 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI HASANAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Circuit Learning mata pelajaran IPS materi Aktivitas Ekonomi dan Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 28 Medan. (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Circuit Learning mata pelajaran IPS materi Aktivitas Ekonomi dan Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 28 Medan.(3) Respon siswa pada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Circuit Learning mata pelajaran IPS materi Aktivitas Ekonomi dan Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 28 Medan. Jenis penelitian ini berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian di kelas IV terdiri dari 21 siswa. (1) Berdasarkan hasil pemberian Tes Awal (Pra Siklus) diperoleh data hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 33% dengan nilai rata-rata 62,85. (2) Pada Siklus I hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 66% dengan nilai ratarata 67,61. (3) Pada Siklus II hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 76% dengan nilai rata-rata 72,85. Pada Siklus II hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 76% dengan nilai rata-rata 72,85. (4) Pada Siklus III hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 85% dengan nilai rata-rata 86,19. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa dan minat belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran circuit learning, yang dapat dilihat melalui minat belajar dan kinerja guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Jan 2021 14:01
Last Modified: 20 Jan 2021 14:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10553

Actions (login required)

View Item View Item