Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran di Yayasan MTs Islamiyah Medan

Dewiani, Misrina (2020) Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran di Yayasan MTs Islamiyah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
Bab 1-5 Skripsi Misrina Dewiani-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Secara Umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di Yayasan MTs Islamiyah Medan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran di Yayasan MTs Islamiyah Medan, bagaimana langkah- langkah manajemen kelas dalam menciptakan proses pembelajaran yang efektif di Yayasan MTs Islamiyah Medan, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen kelas di Yayasan MTs Islamiyah Medan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) pelaksanaan manajemen kelas di yayasan MTs islamiyah Medan dilakukan dengan cara mengatur kondisi ruang kelas, mengatur posisi tempat duduk siswa, menyiapkan bahan ajar dan metode pembelajaran, dan menciptakan disiplin siswa. (2) langkah- langkah manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran yaitu dengan cara memotivasi siswa, mengikut sertakan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, dan menerapkan disiplin siswa. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen kelas di Yayasan MTs Islamiyah Medan yaitu adanya fasilitas seperti ruang kelas, ruang perpustakaan, slapangan, serta mesjid sehingga ketika siswa merasa bosan maka guru berinisiatif mengadakan pembelajaran di luar kelas, adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya alat- alat praktek seperti gitar, recorder sehingga dalam pembelajaran siswa tersebut kurang memahami apa yang diajarkan oleh guru.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Efektivitas Pembelajaran
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jan 2021 04:32
Last Modified: 19 Jan 2021 04:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10527

Actions (login required)

View Item View Item