Kode Etik Guru dalam Kitab Nashaihuddiniyyah wal Washaya al- Imaniyyah Karangan Syekh Imam Abdullah al-Haddad

Muslim, Buhari (2020) Kode Etik Guru dalam Kitab Nashaihuddiniyyah wal Washaya al- Imaniyyah Karangan Syekh Imam Abdullah al-Haddad. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BUHARI MUSLIM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui Biografi Syaikh Imam Abdullah Al-Haddad, 2). Untuk mengetahui keutamaan ilmu menurut Syaikh Imam Abdullah al-Haddad dalam Kitab An-Naṣā’iḥ Ad-Diniyah wal-Waṣāyā Al- Ῑmāniyyah ̧3). Untuk mengetahui Kode etik guru menurut Syaikh Imam Abdullah Al- Haddad dalam kitab Nashoihuddiniyah Wal Washoya Al-Imaniyah, 4). Untuk mengetahui relevansi kode etik guru dalam kitab An-Naṣā’iḥ Ad-Diniyah wal-Waṣāyā Al- Ῑmāniyyah karangan Syaikh Imam Abdullah Al-Haddad dengan pendidikan kontemporer. Jenis penelitian ini adalah Library Research (Studi Kepustakaan) dengan menggunakan pendekatan analisis konten (Content Analysis) dengan metode penelitian kualitatif menggunakan data berupa kitab An-Naṣā’iḥ Ad-Diniyah wal-Waṣāyā Al- Ῑmāniyyah dan juga sumber lainnya sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kode etik guru menurut Syaikh Imam Abdullah al-Haddad dalam kitab An-Naṣā’iḥ Ad-Diniyah wal-Waṣāyā Al-Ῑmāniyyah yaitu: 1). Kode Etik Kepribadian, meliputi: Guru dituntut untuk memiliki ilmu untuk mengamalkan ilmunya, Guru dituntut untuk memantapkan hubungannya kepada Allah (hablumminallah) dan manusia (hablumminannaas), Guru dituntut untuk dijadikan panutan, Guru dituntut untuk memiliki akhlakul karimah dalam menjalankan profesinya. 2). Kode Etik Profesional, meliputi seorang guru juga harus menjaga nama baik organisasi profesinya. 3). Kode Etik Pedagogik, meliputi Tentang Tuntutan Guru untuk mengetahui kemampuan masing-masing peserta didiknya. 4). Kode Etik Sosial, meliputi tentang tuntutan untuk membuka majelis-majelis atau lembaga-lembaga ilmu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kode Etik, Guru
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Jan 2021 08:30
Last Modified: 15 Jan 2021 08:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10510

Actions (login required)

View Item View Item