Khairia, Valamma (2019) Pengaruh Model Pembelajaran MEA (Mean Ends Analysis) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV MI Swasta Al-Mukhlisin Suka Maju Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
VALAMMA SKRIPSI.pdf Download (828kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran MEA (Means Ends Analysis) di kelas IV MI Swasta AlMukhlisin Suka Maju. Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran MEA (Means Ends Analysis) di kelas IV MI Swasta Al-Mukhlisin Suka Maju. Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran MEA (Means Ends Analysis) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Al-Mukhlisin Suka Maju Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang terdiri dari dua variabel yaitu variabel X Model pembelajaran Mean Ends Analysys dan variabel Y adalah hasil belajar IPA siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 60 orang dengan teknik pengumpulan data melalui tes kepada siswa. Análisis data yang digunakan adalah melalui uji persyaratan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipótesis. Hasil penelitian ini adalah bahwa Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Mean Ends Analysys (MEA) pada pelajaran IPA siswa kelas IV MIS Suka Maju Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara, hal ini terlihat dari mean atau rata-rata nilai siswa 60,88 termasuk dalam kategori C (cukup) dengan standard deviasi 13,39. Hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Mean Ends Analysys (MEA) pada pelajaran IPA siswa kelas IV MIS Suka Maju Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara, hal ini terlihat dari mean atau ratarata nilai siswa 76,38 termasuk dalam kategori B (baik) dengan standard deviasi 10,88. Terdapat pengaruh model pembelajaran Mean Ends Analysys (MEA) terhadap pelajaran IPA siswa kelas IV MIS Suka Maju Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara, hal ini terlihat dari koefisien korelasi (0,715 > 0,254), sedangkan pengaruh yang ditimbulkan variabel X mencapai 51,12% terhadap variabel Y atau hasil belajar IPA siswa
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 16:42 |
Last Modified: | 13 Jan 2021 16:42 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10457 |
Actions (login required)
View Item |