Dewi, Rahma (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran TAI (Team Asisted Individualization) Pada Mata Pelajaran IPS Materi Perjuangan Melawan Penjajahan Belanda Dan Jepang pada siswa kelas V MIS Miftahul Jannah Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai TA. 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI RAHMA DEWI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran mata pelajaran IPS di MIS Miftahul Jannah Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai menunjukkan hasil yang tidak memuaskan.iSebagian besariisiswa menganggap mata pelajaran IPS merupakanimataipelajaraniyang mudahisehinggaisiswaimenyepelekanimataipelajaraniini. Anggapanimudahitidak disertai dengan penguasaan materi yang baik sehingga nilai atau hasil belajar siswa kurang memuaskan,ihaliiniiditunjukkanidengan masih banyaknya siswa yang belum mencapai KKM (75). Tujuan penelitian ini untukimeningkatkanihasil belajariisiswaiipadaiimataiipelajaraniiIPSiimateriiiperjuangan melawan penjajah Belanda dan Jepang melalui model pembelajaran TAI (Team Asisted Individualization) pada siswa kelas V MIS Miftahul Jannah Kelurahan Denai Kecamatan Medan Denai. Berdasarkan permasalahan diatas peneliti melakukan penelitian menggunakan PenelitianiTindakaniKelas.iPenelitianiiniidilaksanakanidengan dua siklusiidenganiilangkah-langkah menyusun Rencana, Tindakan, Observasi, dan Refleksi.IAdapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun peningkatanihasilibelajarisiswaipadaiPraisiklus,isiklusiIidanisiklus IIiadalah sebagai berikut, Praisiklusijumlah siswaiyangituntas 3isiswa (15%)idan siswa yang belum tuntas 17isiswai(85%)idenganirata-ratai59,5.iPadaisiklus I mengalamiipeningkatanijumlahisiswa yang tuntas yaitu 9 siswa (45%) dan 11 siswa (55%) yang belum untas dengan rata-rata 72,25. Pada siklus II mengalamiipeningkatan,iyaitu jumlah siswa yang tuntas 17isiswa (85%) dan 3 siswai(15%) siswaibelum tuntas dengan rata-ratai82,25.iKetuntasan klasikal siklus II sebesar 85% sudah memenuhi syarat ketuntasan klasikal = 80% sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 12:56 |
Last Modified: | 13 Jan 2021 12:57 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10444 |
Actions (login required)
View Item |