Venni Fauziah Umri, Ritonga (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Keputusan Bersama Menggunakan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question Pada Siswa Kelas V MIS Mutiara Aulia Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI VENY.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Active Learning Tipe Role Reversal Quwstion terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V MIS Mutiara Aulia Sei Mencirim. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V MIS Mutiara Aulia yang berjumlah 13 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrument penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V MIS Mutiara Aulia Sei Mencirim setelah menggunakan model active learning tipe role reversal question baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥70 mengalami peningkatan sebesar 25% dengan kondisi awal 39% meningkat menjadi 69% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 28% menjadi 93%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 8,75% dengan kondisi awal 57,53 meningkat menjadi 78,52 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 10,97% menjadi 86,25.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 13 Jan 2021 07:04 |
Last Modified: | 13 Jan 2021 07:04 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10441 |
Actions (login required)
View Item |