Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pendidikan Dakwah Di Pesantren Darul Mukhlisin

Hazizi, Nur (2020) Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pendidikan Dakwah Di Pesantren Darul Mukhlisin. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Asli Nur Hazizi.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran kepala Madrasah dalam meningkatkan pendidikan Dakwah Di Pesantren Darul Mukhlisin Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian Deskriptif. Penelitian ini bersifat menggambarkan, menuturkan, dan menghasilkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata terulis/lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitaif. Menerapkan keabsahan data, serta menggunakan teknik tringulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sebagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan perbandingan. Kedudukan seorang kepala Madrasah kependidikan memerlukan suatu kemampuan profesional yang mampu mendukung terhadap pencapaian tujuan pendidikan,sebab kualitas suatu lembaga pendidikan bergantung pada kepala Madrasah sebagai pemimpin pendidikan. Kepala Madrasah bertugas sebagai pembimbing, pengawas, dari setiap permasalah yang terjadi di sekolah. Terutama terhadap pembelajaran peningkatan pendidikan Dakwah, dalam masalah ini kepala Madrasah harus mampu untuk menakankan pendidikan Dakwah agar tercipta lingkungan pembelajaran yang kondusif dan tercapainya tujuan pendidikan. Dalam hal ini dapat disimpulkan dalam meningkatkan pendidikan Dakwah dapat terjadi dikarenakan faktor dari lingkungan pesantren, ekstrakulikuler pesantren serta pembelajaran pesantren sehingga santridan santriwati dapat mengembangkan ilmu tidak hanya dibagian dakwah namun pembelajaran lainnya. Dalam hal peningkatan ini kepala Madrasah melakukan tiga upaya untuk meningkatkan pembelajaran dalam pendidikan Dakwah yaitu Manajemen Pembelajaran Di Pondok Pesantren Darul Mukhlisin.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 13 Jan 2021 04:25
Last Modified: 13 Jan 2021 04:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10436

Actions (login required)

View Item View Item