Khairina, Khairina (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Kelas V Di Sd Swasta Pesantren Modern Adnan Kecamatan Medan Sunggal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
|
Text
SKRIPSI KHAIRINA WORD 1.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN dengan model pembelajaran Project Based Learning 2) Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN dengan metode konvensional 3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran PKN kelas V di SD Swasta Pesantren Modern Adnan Medan Sunggal. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian quasieksperimen dengan sampel pada penelitian ini yakni kelas V-C sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning dan kelas V-D sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PKN peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning (kelas eksperimen) lebih tinggi dari hasil belajar dengan metode konvensional (kelas Kontrol). Hasil belajar PKN di kelas kontrol dengan metode konvensional diperoleh rata-rata posttest yaitu 68,4 sedangkan di kelas eksperimen dengan model project based learning diperoleh rata-rata postest 82,4. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pada kelas eksperimen diperoleh nilai sig. (2-failed) 0,000 < 0,05 pada taraf signifikasi α = 0,05 memiliki arti bahwasanya Ha diterima dan Ho ditolak, yang dinyatakan bahwa penggunakan model Project based learning berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN di SD Swasta Pesantren Modern Adnan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Project Based Learning, Hasil belajar siswa, Mata Pelajaran PKN |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 12 Jan 2021 08:45 |
Last Modified: | 12 Jan 2021 08:45 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10421 |
Actions (login required)
View Item |