Pengalaman Guru Dalam Menangani Anak Hiperaktif Di SD Swasta Al-Hidayah Medan

Nurtajdida, Laila (2020) Pengalaman Guru Dalam Menangani Anak Hiperaktif Di SD Swasta Al-Hidayah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LAILA REVISI 2-converted.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana perilaku anak Hiperaktif di SD Swasta Al-Hidayah Medan, (2) untuk mengetahui pengelaman yang baik (Best practice) yang dialami guru dalam menangani anak Hiperaktif di SD Swasta Al-Hidayah Medan, (3) untuk mengetahui pengelaman yang buruk (Lesson Learnt) yang dialami guru dalam menangani anak Hiperaktif di SD Swasta Al-Hidayah Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu berupa data- data yang didapat baik berupa tulisan dari lisan orang yang berkaitan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas V SD Swasta Al-Hidayah Medan , Orang Tua dari anak Hiperaktif, Teman Sebaya, dan Anak yang mengalamiHiperaktif. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan tiga metode, yaitu obervasi, wawancara, dan dokumentasi Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa perilaku anak hiperaktif di kelas V SD Swasta Al-Hidayah Medan yaitu sulit untuk dikendalikan, sering mengganggu temannya, sulit untuk duduk diam, mudah bosan, dan sulit untuk berkonsentrasi. Teknik guru dalam menangani anak hiperaktif sebagia sudah sesuai teori yang telah dikemukakan oleh beberapa took, yaitu: dengan teknik penataan tempat duduk, menghindari penempatan duduk dekat dengan jendela, tidak memberikan hukuman terlalu berat, tmemberikan reward, melakukan kontrak atau perjanjian kecil di awal pembelajaran. Kendala yang dialami guru dalam menangani anak hiperaktif adalah perilaku anak hiperaktif berbeda dengan anak normal lainnya, mereka mudah bosan ketika berada di dalam kelas sehingga konsentrasinya pun mudah terpecah, anak hiperaktif sering mengganggu temannya sehingga kelas pun tidak kondusif, dan anak hiperaktif sulit diajak kerjasama dengan temannya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanganan, Anak Hiperaktif
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Jan 2021 08:15
Last Modified: 12 Jan 2021 08:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10419

Actions (login required)

View Item View Item