Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Student Teams Achievement Divissions (STAD) Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan

Dina, Siti Maulid (2020) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Student Teams Achievement Divissions (STAD) Dan Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (1).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran student teams achievement divissions (STAD) dan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 48 Medan, Tahun Ajaran 2018-2019 yang berjumlah 60 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dan Pembelajaran Berbasis Masalah, dengan Qhit (5,483) > Qtabel (2,89); 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran STAD dan Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi lingkaran, dengan Qhit (6,016) > Qtabel (2,89); 3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran STAD dan Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi lingkaran, dengan Qhit (0,330) < Qtabel (2,83). Begitu juga pada kedua kemampuan dengan Qhit (1,172) < Qtabel (2,83); 4) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematika siswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan berpikir ii kreatif dan pemecahan masalah siswa lebih sesuai diajarkan dengan model pembelajaran STAD daripada model Pembelajaran Berbasis Masalah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Jan 2021 16:51
Last Modified: 08 Jan 2021 16:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10381

Actions (login required)

View Item View Item