Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Melalui Pendidikan Keluarga Di Desa Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang

Yuni Ardiani, Lubis (2020) Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Melalui Pendidikan Keluarga Di Desa Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
1 Skripsi Yuni Ardiani Lubis PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang pembentukan karakter disiplin pada anak melalui pendidikan keluarga di desa Bintang Meriah kec. Batang Kuis kab. Deli serdang ini memiliki rumusan masalah: (1) Bagaimana karakter disiplin anak dalam lingkungan keluarga (2) Bagaimana pendidikan keluarga berperan dalam pembentukan karakter disiplin pada anak (3) Bagaimana strategi pembentukan karakter disiplin yang diterapkan keluarga pada anak?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendekskripsikan pembentukan karakter disiplin pada anak melalui pendidikan keluarga di desa Bintang Meriah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan memakai pendekatan fenomenologi. Data penelitian berupa hasil wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data dianalisis dengan model Miles dan Huberman, dan diperiksa keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pembentukan karakter yang sudah dimulai sejak dini, memberikan anak tugas tanggung jawab pada masing-masing individu, menetapkan aturan jadwal belajar anak, dan jadwal beribadah. Bertujuan agar anak memiliki karakter disiplin, baik itu dalam beribadah, disiplin dalam belajar, dan disiplin waktu. (2) Keluarga membentuk kebijakan pembagian tugas pada anak, menerapkan peraturan untuk tepat waktu dalam melakukan segala aktivitas, dan mengharuskan adanya kemandirian pada setiap individu. (3) menerapkan pembiasaan, melakukan hal positif dengan strategi keteladanan, dan membangun komunikasi yang baik dengan anak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Jan 2021 16:30
Last Modified: 08 Jan 2021 16:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10378

Actions (login required)

View Item View Item