Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS SiswaMIS Raudhatul Amanah Marelan Tahun Ajaran 2018/2019

Ritonga, Popi Agustiana (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPS SiswaMIS Raudhatul Amanah Marelan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
POPI AGUSTIANA RITONGA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Hasil belajar siswa di kelas control dengan menggunakan model Konvensional pada mata pelajaran IPS. 2) Hasil belajar siswa di kelas Eksperimen dengan menggunakan model Word Square pada mata pelajaran IPS 3) pengaruh yang signifikan antara modelWord Square pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelasberjumlah 60 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 20 soal yang telah divalidkan dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) hasil belajar IPS siswa dilihat dari rata- rata nilai tes akhir (post tes)pada kelas eksperimen (VA) dengan menggunakan model Word Square diperoleh rata-rata post test81 sedangkan kelas kontrol (VB) dengan menggunakan ceramah danmedia buku paket pembelajaran IPS diperoleh rata-rata post test77,5. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Word Square memiliki hasil belajar yang lebih baik, 3) Berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa model word square berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,2822> 1,67155 sekaligus menyatakan terima Ha dan tolak H0 pada taraf α= 0,05 atau 5% yang berarti “Terdapat pengaruh yang signifikan model Word Squareterhadap hasil belajar IPSMIS Raudhatul Amanah Medan Marelan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Word Square
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Jan 2021 08:13
Last Modified: 08 Jan 2021 08:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10376

Actions (login required)

View Item View Item