Kompetensi Profesional Guru Alquran Hadis Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Binjai

Susianto, Jepri (2019) Kompetensi Profesional Guru Alquran Hadis Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Binjai. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
TESIS-JEPRI-SUSIANTO-DALAM-SATU-FILE.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hambatan dalam meningkatkan kompentensi profesional guru alquran hadis di Madrasah Aliyah Negeri kota Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi profesional, upaya, serta faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi profesional guru alquran hadis di Madrasah Aliyah Negeri kota Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru alquran hadis, dan siswa Madrasah Aliyah Negeri kota Binjai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data dalam penelitian ini adalah dengan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru alquran hadis di Madrasah Aliyah Negeri kota Binjai terlihat dalam penguasaan materi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar alquran hadis siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kota Binjai. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru alquran hadis yaitu dengan peningkatan kemampuan profesional guru alquran hadis; supervisi klinik; peningkatan motivasi kerja guru alquran hadis; pembinaan kinerja guru alquran hadis. Faktor pendukungnya adalah adanya dukungan dari kepala sekolah, guru alquran hadis memiliki kualifikasi akademik yang mendukung dan adanya fasilitas sekolah yang memadai. Sedangkan, faktor penghambatnya adalah latar belakang pendidikan siswa yang beragam. Solusi dari kendala yang ditemui tersebut, mengadakan ekstrakurikuler keagamaan seperti tilawah, atau tahsin alquran.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:32
Last Modified: 07 Jan 2021 04:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10349

Actions (login required)

View Item View Item