Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Dalam Model Pembelajaran Role Playing Pada Materi Jasa Dan Peranan Tokoh Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Siswa Kelas V SD Amaliyah Kecamatan Medan Sunggal Tahun Ajaran 2019/2020

Siregar, Nong Khoirani (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Dalam Model Pembelajaran Role Playing Pada Materi Jasa Dan Peranan Tokoh Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan Siswa Kelas V SD Amaliyah Kecamatan Medan Sunggal Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Nong Khairani.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Role Playing dan untuk mengetahui keefektifan siswa dalam kelas selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas(PTK) dengan II siklus dan untuk setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi melalui penerapan model pembelajaran Role Playing pada matapelajaran IPS materi Jasa dan Peranan Tokoh Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan. Penelitian ini dilakukan di SD Amaliyah Kecamatan Medan Sunggal, dan subjek dari penelitian ini adalah siswa/i kelas V dengan jumlah 27 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Role Playing yaitu memiliki tingkat presentase yang rendah,nilaiyang diperoleh hanya 22,92%. Setelah diterapkan model pembelajaran Role Playing pada materi Jasa dan Peranan Tokoh Dalam Memproklamasikan Kemerdekaan di SD Amaliyah mengalami peningkatan 59,2%. Dengan jumlah siswa yang tuntas 16 siswa sedangkan siklus II hasil belajar 88,88% dengan jumlah siswa tuntas 24 dari27 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dapat dikatakan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Jan 2021 14:04
Last Modified: 06 Jan 2021 14:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10343

Actions (login required)

View Item View Item