Penerapan Permainan Dagang-dagang Dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al–Kautsar Jalan Karya Gang. Langgar Kec. Medan Barat Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Ginting, Leni Wahyuni (2019) Penerapan Permainan Dagang-dagang Dalam Meningkatkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al–Kautsar Jalan Karya Gang. Langgar Kec. Medan Barat Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI .pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:(1)Perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan anak kelompok B sebelum dilakukan permainan dagang-dagang di RA. Al-Kautsar Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Pelaksanakan permainan dagang-dagang dalam meningkatkan kognitif anak kelompok B di RA. Al-Kautsar Tahun Ajaran 2018/2019.(3)Adanya peningkatan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan setelah diterapkan permainan dagang-dagang pada kelompok B di RA. Al-KautsarTahun Ajaran 2018/2019. Penelitian tindakan ini dilakukan melalui 2 siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kognitif anak meningkat setelah adanya tindakan melalui permainan dagang-dagang. Pada Pra siklus nilai rata-rata yang di peroleh anak adalah 30%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I dilakukan 3 kali pertemuan, memperoleh nilai rata-rata 54,2% dan pada pelaksanaan Siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,6%. Demikian perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam mengenal lambang bilangan meningkat melalui kegiatan permainan dagang-dagang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Jan 2021 13:02
Last Modified: 06 Jan 2021 13:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10340

Actions (login required)

View Item View Item