Implementasi Manajemen Kurikulum Dayah Mudi Mesra Kabupaten Bireuen

Mukti, Abd. and Syafaruddin, Syafaruddin and Athahillah, Athahillah (2020) Implementasi Manajemen Kurikulum Dayah Mudi Mesra Kabupaten Bireuen. TAKZIR : Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 06 (02). pp. 169-190. ISSN 2460-609x

Full text not available from this repository.
Official URL: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa manajemen kurikulum Dayah MUDI Mesra Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan kurikulum Dayah dilakukan dengan cara musyawarah dalam menyusun kurikulum. Dengan melibatkan pimpinan dayah, guru-guru dan tim pakar serta pihak Kementerian Agama dan Dinas Pembinaan Pendidikan Dayah. Mekanisme penyusunannya dilakukan dengan memetakan kompetensi dasar, menganalisis alokasi waktu, membuat program tahunan dan program semester, kemudian membuat RPP; (2) Penggorganisasian kurikulum dilakukan dengan beberapa kegiatan melalui pembagian tugas mengajar sesuai dengan bidang keahlian dan minat, penyusunan jadwal pelajaran, perbaikan dan pengayaan, ekstrakurikuler serta jadwal penyegaran bagi para guru; (3) Pelaksanaan kurikulum berorientasi pada terselenggaranya proses pembelajaran yang produktif, aktif, inovatif, efektif dan menyenangkan (PAIKEM) hal ini didukung oleh kepemimpinan instruksional dayah yang menjadi teladan dan memotivasi para guru dayah; (4) Pengawasan kurikulum dilakukan oleh pimpinan terhadap pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru berdasarkan dokumen pembelajaran kemudian supervisi ke kelas saat pembelajaran berlangsung; dan (5) Evaluasi kurikulum meliputi pemeriksaan dokumen pembelajaran guru/Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan menjaring masukan terkait dengan sistem dukungan untuk meningkatkan mutu pembelajaran dayah.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Management, Curriculum, Dayah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Jan 2021 06:55
Last Modified: 06 Jan 2021 06:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10339

Actions (login required)

View Item View Item