Pengaruh Media Diorama Terdahap Kemampaun Berpikir Kreatif IPA Siswa Kelas V MIS Az-Zuhri Tanjung Morawa

Pohan, Ade Wika Putri (2020) Pengaruh Media Diorama Terdahap Kemampaun Berpikir Kreatif IPA Siswa Kelas V MIS Az-Zuhri Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADE WIKA PUTRI POHAN UNTUK DIKIRIM fix.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran berfungsi sebagai memperjelas penyajian pesan yang disampaikan serta peserta didik mampu belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA siswa kelas V MIS Az-Zuhri Tanjung Morawa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, penelitian ini dilakuan di MIS Az-Zuhri. Penelitian ini menggunaka dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa. Temuan penelitian ini, yaitu: 1) Proses pembelajaran dengan menggunakan media diorama, peserta didik menjadi antusias dan semangat dalam proses pembelajaran. Karena lebih banyak melibatkan peserta didik terutama ketika membuat media diorama yang telah disesuaikan dengan jenis ekosistemnya. Sehingga pembelajaran menjadi lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif dan efisien dibanding dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2) Kemampuan berpikir kreatif IPA dengan menggunakan media diorama dilihat dari rata-rata post test diperoleh nilai sebesar 75,72, sedangkan pada kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata dari post test sebesar 60,72. Pembelajaran dengan menggunakan media diorama memiliki hasil yang lebih baik. Berdasarkan uji t pada data post test diperoleh media diorama berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA siswa kelas V-A. Hasil perhitungan uji t diperoleh ttabel> thitung yaitu 8,33 > 2,011. Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh yang signifikan penggunaan media diorama terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA kelas V MIS Az-Zuhri Tanjung Morawa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Jan 2021 03:56
Last Modified: 03 Jan 2021 03:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10309

Actions (login required)

View Item View Item