Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Balok Dan Kubus Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education Di Kelas V MIS Az Zuhri Kecamatan Tanjung Morawa

Siswanti, Dewi (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Balok Dan Kubus Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education Di Kelas V MIS Az Zuhri Kecamatan Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
DEWI SISWANTI (0306163188).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran Matematika materi balok dan kubus sebelum menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (2) untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran Matematika materi balok dan kubus sesudah menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (3) untuk mengetahui respon siswa dalam pembelajaran Matematika materi balok dan kubus sesudah menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Vb MIS Az Zuhri Kecamatan Tanjung Morawa Semester II aebanyak 22 orang siswa, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) reduksi data Kegiatan reduksi data bertujuan untuk melihat kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal dan tindakan apa yang dilakukan untuk perbaikan kesalahan tersebut. (2) penyajian data Data kesalahan jawaban siswa yang telah direduksi kemudian disajikan dalam bentuk penyajian dan kesalahan jawaban, hasil belajar yang diperoleh siswa dan lembar observasi hasil kegiatan belajar mengajar. (3) menarik kesimpulan Kesimpulan yang diambil merupakan dasar bagi pelaksanaan siklus berikutnya dan perlu tidaknya siklus I dianjurkan atas permasalahan yang diduga. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Hasil belajar Matematika sebelum menggunakan pendekatan Realistic Mathematica Education pada materi balok dan kubus sangat rendah dengan nilai presentase 31,82% dan nilai rata-rata 57,27. (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan Realistic Mathematica Education pada materi balok dan kubus di Kelas V MIS Az-Zuhri mengalami peningkatan yaitu siklus I dengan nilai presentase 54,55% dan nilai rata-rata yaitu 67,27. Presentase dari ketuntasan klasikal siswa belum memuaskan maka peneliti melanjutkan siklus II. Pada siklus II mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai persentase 77,27%dan nilai rata-rata 76,81. Maka ii diperoleh kesimpulan bahwa peneliti tidak harus melanjutkan ke siklus berikutnya. (3) Respon belajar siswa ketika menggunakan pendekatan Realistic Mathematica Education pada materi balok dan kubus di Kelas V MIS Az-Zuhri sangat baik, siswa lebih aktif dalam pembelajaran berlangsung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Jan 2021 03:40
Last Modified: 03 Jan 2021 03:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10307

Actions (login required)

View Item View Item