Impelementasi Metode Cerita Islami Dalam Pengembangan Moral Keagamaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an Qurrota A’yuni Medan

Fitri, Sri (2020) Impelementasi Metode Cerita Islami Dalam Pengembangan Moral Keagamaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an Qurrota A’yuni Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SRI FITRI SKRIPSI 2021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas impelementasi metode cerita islam salain menanamkan moral keagamaan di jenjang taman kanak-kanak. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya metode cerita Islami untuk menanamkan moral keagamaan sebagai wujud pengajaran yang memberikan contoh nyata kepada anak-anak melalui tokoh cerita peneliti ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan. Selain itu anak akan mendapat pengalaman yang baru, sehingga dapat menunjang pengembangan moral keagamaan anak. metode cerita islam mempunyai keunggulan dari metode-metode yang lain, dikarenakan pada metode ini anak akan dapat mengetahui watak atau sifat yang baik untuk di terapkan pada teman-temannya yang lain. Metode cerita Islami ini akan membuat anak tidak mudah lupa dengan pembelajaran, karena anak akan di tuntut aktif dan dengan demikian anak akan mendapatkan pengalaman serta pengetahuan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode cerita Islami di TKQ Qurrota A’yuni. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu data-data yang ada berupa kata-kata bukan berupa angka atau data statistik. Dalam memperoleh data-data tersebut penulis menggunakan studi pustaka dan studi lapangan, untuk melengkapi data-data yang ada penulis menggunakan beberapa metode: metode observasi, metode wawancara, dan metode dekomentasi. Hasil dari penelitian ini adalah metode cerita Islami Peran guru dapat mengembangkan berbagai aspek yang ada pada diri anak, ketika anak mendengarkan cerita Islami maka moral keagamaan anak akan berkembang. Ketika guru meceritakan cerita islam itu maka anak mengetahui sifat baik dan yang kurang baik, karna dalam cerita, guru menyampaikan sifat yang baik untuk di contoh dari cerita, dengan metode cerita Islami moral keagamaan anak dapat berkembang, terlihat dari sifat anak suka berbuat baik seperi jujur,sopan, sukan menolong

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Jan 2021 03:32
Last Modified: 14 Feb 2021 15:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10306

Actions (login required)

View Item View Item