Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Cerita Dengan Menggunakan Strategi SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Di Kelas V MIN 02 Kota Medan Kec. Medan Labuhan

Kustiadi, Bella Diah Ayu (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Cerita Dengan Menggunakan Strategi SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Di Kelas V MIN 02 Kota Medan Kec. Medan Labuhan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
skripsi BELLA DIAH AYU KUSTIADI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui Hasil Belajar Siswa Pada Mata Belajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Cerita Dengan Menggunakan Strategi SQ4R Di Kelas V MIN 02 Kota Medan Kec. Medan Labuhan. 2) Mengetahui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Membaca Cerita Dengan Menggunakan Strategi SQ4R Dikelas V MIN 02 Kota Medan Kec.Medan Labuhan Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari Siklus I dan Siklus II. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V MIN 02 Kota Medan Kec. Medan Labuhan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunkan tes hasil belajar Bahasa Indonesia dalam bentuk pilihan ganda dengan Materi Cerita teks ini dialakukan sebanyak tiga yaitu. Tes Pra Tindakan (Pre Teks) tes hasil belajar Siklus I dan tes hasil belajar Siklus II Berdasarkan hasil penelitian tes awal (Pree Tes) terdapat 7 siswa (23,3%) yang tuntas sedangkan 23 siswa (76,7%) yang tindak tuntas, ketuntasan klasikal belajar yaitu 23,3% dengan nilai rata-rata 67,0%. Ketuntasan dilakukan siklus I dengan menerapkan strategi SQ4R Siklus I terdapat 19 siswa (63,3%) yang tuntas sedangkan 11 siswa (36,7%) yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 68,7% Siklus II terdapat 3 siswa (6,7%) yang tidak tuntas sedangkan 27 siswa (93,3%) yang tuntas. Dari hasil tes belajar di atas dapat simpulkan bahwa strategi SQ4R dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MIN 02 Kota Medan Kec. Medan Labuhan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Jan 2021 16:07
Last Modified: 02 Jan 2021 16:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10299

Actions (login required)

View Item View Item