Perbedaan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Alat Peraga Dan Make A Match Di Kelas VIII SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019

Pratiwi, Anggi (2019) Perbedaan Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Alat Peraga Dan Make A Match Di Kelas VIII SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANGGI NIM 35154211.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran kooperatif tipe Numberhead Head Together (NHT) berbantuan alat peraga dan tipe Make A Match terhadap kemandirian dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan TP. 2018-2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019yang berjumlah 60 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Perbedaan model pembelajaran make a match terhadap kemandirian dan hasil belajar matematika siswa sedikit lebih baik dari pada perbedaan model pembelajaran numbered head together berbantuan alat peragapada materi bangun ruang (kubus dan balok).2) Tidak terdapat perbedaan antara kemandirian dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran numberhead together berbantuan alat peragadan make a match. 3) Model pembelajaran tidak memiliki interaksi dengan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa pada materibangun ruang (kubus dan balok). Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa yang memiliki kemandirian dan hasil belajar matematika siswa lebih efektif diajarkan dengan model pembelajaran make a match pada materi bangun ruang (kubus dan balok)di kelas VIIISMP Negeri 8 Percut Sei Tuan TP. 2018/2019.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Jan 2021 15:57
Last Modified: 02 Jan 2021 15:57
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10297

Actions (login required)

View Item View Item