Perbedaan Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Think Pair Share Dalam Materi Barisan Dan Deret Di Kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan

Panjaitan, Dinda Permata Sary (2019) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Think Pair Share Dalam Materi Barisan Dan Deret Di Kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DINDA PERMATA SARY PANJAITAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matrematika dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Think Pair Share di kelas XI SMA Al-Washliyah 3 Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 85 siswa, sedangkan sampelnya 33 siswa kelas ekperimen I dan 30 siswa kelas eksperimen II. Instrumen tes yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan tes kemampuan komunikasi matematis siswa, masing-masing terdiri dari 5 soal yang berbentuk uraian soal. Skor rata-rata tes siswa kelompok eksperimen I adalah 71,135 dan skor rata-rata siswa kelompok eksperimen II adalah 65,35. Hasil uji Thitung untuk hipotesis pertama diperoleh harga Thitung = 2,030 dan Ttabel = 2,000 berarti Fhitung > Ttabel maka H1 diterima. Hipotesis kedua diperoleh harga Thitung = 2,085 dan Ttabel = 2,000 berarti Thitung>Ttabel maka H1 diterima. Pada hipotesis ketiga diperoleh harga Thitung = 2,071 dan Ttabel = 2,000 berarti Thitung > Ttabel maka H1 diterima. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah yang diajar menggunakan tipe Jigsaw lebih baik daripada siswa yang diajarkan menggunakan tipe Think Pair Share.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Jan 2021 15:51
Last Modified: 02 Jan 2021 15:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10296

Actions (login required)

View Item View Item