Pengaruh Model Pembelajaran Paikem Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Dan The Power Of Two Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Matriks Di Kelas XI MAS Alwashliyah 22 tembung Tahun Ajaran 2018/2019

Anita, Fitri (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Paikem Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Dan The Power Of Two Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Matriks Di Kelas XI MAS Alwashliyah 22 tembung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRI FULL BETUL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara model pembelajaran everyone is a teacher (ETH) dan the power of two terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi (Matriks) di kelas XI MAS Alwashliyah 22 Tembung tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Al-washliyah 22 Tembung tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IIS A sebagai kelas eksperimen A dengan menggunakan model pembelajaran everyone is a teacher (ETH) yang terdiri dari 36 siswa dan kelas XI IIS B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran the power of two yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan memberikan soal tes essay sebanyak 4 butir soal untuk melihat kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi matriks. Dari hasil analisis data postest kelas eksperimen A memiliki nilai rata-rata 66,44 dan nilai ratarata hasil postest kelas eksperimen B sebesar 64,16 dan selisih nilai rata-rata hasil postest di kedua kelas 2,28. Dari hasil uji analisis uji hipotesis data postest kelas eksperimen A dengan menggunakan uji-t yaitu thitung = 2,9573 dan ttabel = 2,83. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Maka Ha diterima H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) terdapat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Matriks dikelas XI MAS Al-washliyah 22 Tembung tahun ajaran 2018/2019.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Jan 2021 13:52
Last Modified: 02 Jan 2021 13:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item