Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievements Division (STAD) Dan Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas VIII MTs SMP Swasta Bandung Medan T.P. 2018-2019

Fitri, Aisyah (2019) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievements Division (STAD) Dan Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas VIII MTs SMP Swasta Bandung Medan T.P. 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Aisyah Fitri Pendidikan Matematika.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif Tipe Students Teams Achievement Division (STAD)dan Model Make A Match Di kelas VIII SMP Swasta Bandung Medan TP. 2018-2019. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Bandung Medan Tahun Pelajaran 2018-2019 yang berjumlah 60 siswa. 7 Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA), Hasil Temuan ini menunjukkan: 1). Kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match; 2).Kemampuan Komunikasi siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match; 3). Kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match; 4). Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematissiswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan komunikasi matematis lebih sesua diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sedangkan siswa yang meemiliki kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih sesuai diajarkan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Jan 2021 13:45
Last Modified: 02 Jan 2021 13:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10291

Actions (login required)

View Item View Item