Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Dan NHT (Numbered Heads Together) Pada Pokok Bahasan Himpunan Di Kelas VII MTs. AlWashliyah Tembung Tahun Ajaran 2018/2019

Tambunan, Mhd. Azman Syah (2019) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Dan NHT (Numbered Heads Together) Pada Pokok Bahasan Himpunan Di Kelas VII MTs. AlWashliyah Tembung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
M.Azman Syah Tambunan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together), dan (3) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan NHT (Numbered Heads Together) pada materi pokok himpunan di kelas VII MTs. Al-Washliyah Tembung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang diambil secara acak atau simple random sampling. Instrumentes yang digunakan berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal yang diberikan pada pertemuan akhir (posttest only). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share), data posttest nilai rata-rata hitungnya ( ̅) sebesar 80 (kategori memuaskan) dan Standar Deviasi (SD) = 10,13072, sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together),data posttest nilai rata-rata hitungnya ( ̅) sebesar 71,75 (kategori baik) dan Standar Deviasi (SD) = 12,16931, selanjutnya data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang signifikan yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dan NHT (Numbered Heads Together) pada pokok bahasan himpunan di kelas VII MTs Al-Washliyah Tembung tahun ajaran 2018/2019, dimana Ha diterima dengan > yaitu pada taraf dengan besar perbedaannya adalah sebesar

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Jan 2021 11:25
Last Modified: 02 Jan 2021 11:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10286

Actions (login required)

View Item View Item