Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dan Model Pembelajaran Learning Cycle Di SMA Swasta Darussalam Medan

Meidilla, Lifia (2020) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dan Model Pembelajaran Learning Cycle Di SMA Swasta Darussalam Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
LIFIA MEIDILLA SKRIPSI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematis yang diajar menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dan model pembelajaran Learning Cycle. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Darussalam Medan, Tahun Ajaran 2019-2020 yang berjumlah 103 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament dan model pembelajaran Learning Cycle, dengan Qhit (3,680) > Qtabel (2,88); 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament dan model pembelajaran Learning Cycle pada materi Barisan dan Deret, dengan Qhit (8,513) > Qtabel (2,88); 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Teams Games Tournament dan model pembelajaran Learning Cycle pada materi Barisan dan Deret, dengan Qhit (8,502) < Qtabel (2,83). Begitu juga pada kedua kemampuan dengan Qhit (4,033) < Qtabel (2,83); 4) Terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep siswa lebih sesuai diajarkan dengan model pembelajaran TGT daripada model pembelajaran Learning Cycle

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Jan 2021 11:07
Last Modified: 01 Jan 2021 11:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10279

Actions (login required)

View Item View Item