Purba, Almaswin (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII MTs Swasta Al-Hasyimiyah Tebing Tinggi T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI ALMASWIN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa, terutama di kelas VII MTs Swasta Al Hasyimiyah Tebing Tinggi. Hal ini terlihat dari kurang mampunya siswa menyelesaikan soal-soal garis dan sudut, sehingga diperlukan usaha dan strategi guru dalam menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada materi garis dan sudut bagi siswa kelas VII-F di MTs Swasta Al Hasyimiyah Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 26 Siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan siswa, peneliti menggunakan lembar kerja siswa yang diberikan kepada siswa. Hasil penelitian ini menunjukan ; 1) Hasil Tes awal sebelum diberikan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) persentase ketuntasan klasikalnya 34,62% (9 siswa), persentase ketidaktuntasannya 65,38% (17 siswa) sehingga belum dapat dikatakan lulus ; 2) Hasil Tes belajar Siklus I setelah diberikan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) persentase ketuntasan klasikalnya 53,85% (14 siswa), persentase ketidaktuntasannya 46,15% (12 siswa). Persentase ketuntasan pada siklus I belum dapat dikatakan tuntas, karena belum mencapai 85% ; 3) Hasil Tes belajar Siklus II setelah diberikan tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) persentase ketuntasan klasikalnya 88,46% (23 siswa), persentase ketidaktuntasannya 11,54% (3 siswa). Persentase ketuntasan pada Siklus II sudah tercapai karena melebihi 85%.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 01 Jan 2021 10:38 |
Last Modified: | 01 Jan 2021 10:38 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10274 |
Actions (login required)
View Item |